Tuesday, September 6, 2016

10 Kasus Yang Sering Kita Temui Pada Android Dan Cara Mengatasinya

 



       Android adalah System operaasi linux yang dirancang untuk Perangkat Smartphone atau Tablet.Semakin marakknya Android bisa dibilang Hampir dari semua orang saat ini telah menggunakan perangkat phonsel berbasis Android ini,atau bisa dibilang Smartphone.Kebanyakan orang mengira jika perangkat android ini bebas dari permasalahan  seperti pada umumnya.Jadi pada kesempatan kali ini saya ingin membahas tentang berbagai permasalahan-permasalahan yang sering terjadi pada Phonsel yang berbasis android ini.



1.Tidak bisa mendownload applikasin pada playstore

Waktu,hal ini mempengaruhi permasalahan jaringan,coba jam pada perangkat dicocokan pada jaringan agar tidak terjadi masalah jaringan,jika masih belom berhasil hapus chace pada pengaturan playstore,jika belom berhasil juga anda bisa coba pancing dengan koneksi wifi.


2.Hang  atau tidak bisa merespons perintah


Biasanya terjadi karena perangkat terlalu banyak membuka applikasi sehingga RAM tidak mampu menampung applikasii yang berjalan,hal ini bisa diatasi dengan meReset nya.jika tombol Reset tidak berfungsi lepas baterai nya,kemudian hidupkan perangkat.



3. Masalah konektifitas yang tiba-tiba hilang sinyal

Pasti jengkel ketika kita sedang menggunakan perangkat tiba-tiba koneksi data hilang,biasanya kita mengatasi masalah ini dengan mematikan perangkat kemudian menghidupkannya lagi.namun jika dicoba dengan cara ini tetap saja tidak muncul sinyal,kita bisa mencoba dengan meng-Aktifkan mode pesawat 30detik kemudian matikan mode pesawat.Jika memang tidak ada gangguan jaringan dari operator atau perangkat seharusnya cara ini berhasil.


4.Android lambat/lelet

Sering kali Android yang kita gunakan awalnya lancar,tidak ada kata lelet,Namun lambat laun perangkat akan mengalamin yang namanya lemot/lelet.
Hal ini adalah aal yang menyebabkan perangkat hang.Android yang lemot dikarenakan Penyimpanan pada memory internal sudah penuh dan RAM yang tdak kuat memproses applikasi yang bekerja.Cara mengatasinya adalah dengan mengurangi beban pada merory Internal,anda bisa menghapus applikasi yang tidak perlu dan memindahkan data-data yang teersimpan di memory Internal  Memory External.
Selanjutnya anda hapus chace yang ada pada perangkat dengan  masuk ke Pengaturan-Penyimpanan-Hapus chace.


5.Game yang berjalan lemot pada perangkat/Terhenti-henti

Tidak semua jenis game yang disediakan pada playstore bisa dipasabg pada semua Android.Beberapa game memiliki syarat Yang mengharuskan pada Android yang mempunyai sfesifikasi tertentu.Jika kita paksakan memasang game dengan spesifikasi  besar kedalah perangkat yang tidak mumpuni dengan spesifikasi tersebut,maka game tidak akan berjalan dengan lancar.Untuk mengakalinya kita bisa root perangkat agar kuat menampung game,namun hal ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang sudah pengalaman.Jika sembarang dilakukan resikonya adalah mati total.

6.Cara menghapus applikasi

CAra menghapus applikasi ini sebenarnya sangat mudah,,anda masuk ke menu pengaturan-Applikasi-pilih applikasi yang ingin anda hapus kemudian copot applikasi.
kemudian hapus chace pada pengaturan,karena biasanya applikasi yang sudah dihapus meninggalkan file-file yang akan menambah beban memori Internal.


7.Batrei yang cepat habis.

Hal yang satu ini pasti semua pengguna android juga mengalaminya,Karena dalam android ini System trus bekerja yang mengakibatkan baterai cepat habis.Dan semakin tinggi spesifikasi perangkat Android akan semakin banyak mengeluarkan Daya baterai ,Untuk meminimalis penggunaan daya baterai,kita bisa mematikan Data Seluler jika tidak dipakai,mengurangi pengaturan cahaya dan bisa menambahkan applikasi tambahan seperti Du Battery untuk meng optimalkan daya baterai.


8.Sd card rusak atau tidak terbaca perangkat


Sangat jengkel bukan,jika file-file,foto,video yang kita simpan pada Sd card tiba-tiba hilang karena Sd card mengalami kerusakan/rusak.Hal ini dikarenakan kita sering memindah-mindah Sd card ke perangkat lain atau karena anda memasang nya dengan tidak benar.Memperbaiki Sd card yang rusak ini dengan cara mmbersihkan tembaga pada Sd card dengan penghapus karet,bersihkan dan pastikan hingga tembaga benar-benar bersih.Kemudian pasang kembali pada perangkat.


9.Applikasi yang tiba-tiba terhenti secara paksa.

Masalah ini sering muncul pada Android,biasanya hal ini sering terjadi pada applikasi unduhan.Hal ini dikarekan ada operasional /system yang salah pada applikasi tersebut yang menyebabkan applikasi tersebut tidak mau dijalankan.Cara mengatasinya adalah dengan cara ceck applikasi tersebut,apakah ada pembaruan atau tidak.Sebab jika ada pembaruan namun tidak kita perbarui,applikasi tersebut akan sering terhenti dengan sendirinya.



10.Bootloop

Bootloop disini dibagi menjadi 3,
      • bootloop ringan/light bootloop,biasanya bootloop ini terjadi saat kita membuka applikasi,game atau instal applikasi dan smartphone anda tiba-tiba melakukan Reset /Reboot dengan sendirinya,dan setelah hidup layar akan berhenti sampai tampilan logo saja.cara mengatasinya adalah  mematikan perangkat dengan melepas baterai,setelah mati biarkan  2 atau 3 menit kemudian hidupkan kembali perangkat.
  • Bootloop sedang/Medium Bootloop,Bootloop ini sering terjadi pada orang yang suka meng-otak atik system Os android dengan Recovery Mode,yang biasanya digunakan untuk (system rooting).Cara mengatasinya adfalah dengan masuk ke system Recovery mode,namun hal ini hanya bisa dilakukan oleh yang sudah pengalaman,jika salah langkah maka maka smartphone akan mati.
  • Hard bootloop,Adalah bootloop yang terjadi setelah medium bootloop,jika gagal dalam  system recovery mode maka perangkat anda akan mati ,/Hard bootloop.Cara mengatasinya adalah mengganti system Os/firmware  perangkat tersebut dengan firmware jenis perangkat tersebut dengan yang baru atau bisa kita sebut{Flash).

Baca juga:


Dan itulah penjelasan saya mengenai  beberapa masalah yang sering terjadi pada android.terima sudah mampir di blog saya,semoga artikel yang saya buat ini bermanfaat.,Terima kasih.

No comments: