Saturday, September 3, 2016

Pendalaman dan Analisa modal Kolam pemancingan

usaha kolam pemancingan
Tertarik dengan usaha kolam pemancingan?

Pendalaman dan analisa modal usaha pemancingan-Pada postingan kali ini saya akan membahas seputar usaha kolam pemancingan dan analisa modal serta omset yang didapat/Bulan.

Memancing adalah salah satu hobbi yang digemari oleh  banyak orang,selain untuk hobby memancing juga salah satu hiburan yang mereka pilih saat  datangnya hari libur/liburan panjang.Hiburan ini tidak dibatasi umur,entah itu dewasa,tua ataupun anak-anak bisa menikmati hiburan ini,Karena dari itu,usaha kolam pemancingan adalah salah satu usaha yang prospek dan mempunyai nilai unung yang besar.

  Jangan khawatir,untuk memulai usaha ini tidaklah seribet yang kalian pikirkan,dan modal yang kita keluarkan tidak besar dibanding hasil yang kita dapat/Bulan.Kalau saya bilang usaha ini adalah usaha yang menjanjikan,karena saya sendiri juga membuka usaha ini dan sudah ada hasilnya.
 Untuk lebih jelasnya mari kita baca ulasan dibawah ini:

1.Persiapan usaha

 Sebelum anda menjalankan usaha ini,ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan dan anda ketahui agar anda tidak ribet dan bingung setelah usaha ini berjalan.Berikut hal-hal yang harus ands siapkan.

1.Lokasi
Siapkan lokasi yang luas untuk pembangunan kolam,tempat pengunjung memancing dan lahan parkir untuk pengunjung.Alangkayh lebih baiknya jika anda mempunyai lahan sendiri,jika tidak mempunyai lahan,anda bisa menyewa atau membeli lahan,namun akan menambah modal awal.Jika lahan yang anda siapkan itu luas,bangunlah lebih dari 1 kolam agar pengunjung tidak bosen dan bisa berpindah-pindah.

2.Tempat yang strategis
Carilah tempat yang strategis,yang gampang ditemui orang dan mudah dijangkau.carilah suana yang bagus agar lebih menarik dan menambah mood pengunjung.

3.Pembangunan
Bangunlah kolam pemancingan dengan tambahan peneduh,kursi dan meja untuk para pengujung ,dimaksudkan untuk  menambah kenyamana para pengunjung.tambahkan awrung kecil yang menyiapkan peralatan-peralatan memancing untuk persediaan pengunjung,jika perlu tambahkan warung makanan,seperti kopi,mie,gorengan dan lain-lain untuk kebutuhan konsumen.selain untuk kebutuhan konsumen,warung-warung itu akan menambahkan penghasilan anda nantinya.

4.Tebar bibit
Jika tidak ditebar bibit,mau mancing apa mereka?haha
hal ini wajib dilakukan agar usaha bisa berjalan..Anda bisa memasukkan bibit Lele,Gurame,Bawal,Nila,Ikan mas.

5,Lain-lain
Jika anda mau menambah penghasilan anda bisa menambah konsep memasak untuk ikan yang didapatnya.itu terserah anda mau menambahkan konsep ini atau tidak.Yang pasti akan ada pendapatan lebih jika anda menambahkan konsep ini.


2.Analisa modal awal dan Operasional

Yang saya analisakan dibawah ini adalah perkiraan analisa tentang usaha kolam pemancingan,namun itu semua tergantung besar/kecilnya usaha kolam pemancingan yang akan kalian jalankan.jika semakin besar pemancingan maka pengeluaran modal juga akan semakin besar dan hasil yang akan dihasilkan juga akan tambah besar,dan sebaliknya.Lahan sendiri dengan menyewa juga akan mempengaruhi modal.berikut analisa saya.


--Modal/biaya awal--


  • Modal pembuatan kolam                   = Rp.3.500.00,00
  • Bibit ikan                                           =Rp.6.500.000,00
  • Modal warung(alat pancing )             =Rp.1.000.000,00
  • Warung makanan+Alat                       =Rp.1.500.000,00
  • Alat(kail,jaring,alat bersih-bersih,dll =Rp.500.000,00


                                                                 Total=Rp.12.500.000,00




--Modal Operasional/Bulan--]

  • Pegawai (jika ada)                               =Rp.1.500.000,00
  • Bibit                                                    =Rp.5.500.000,00
  • Bahan masakan                                   =Rp.1.000.000,00
                                                            Total=Rp.8.000.000,00


-Perkiraan pendapatan kotor per Bulan            =Rp.13.500.000,00
-Modal operasional                                              =Rp.8.000.000,00

                                                          Hasil bersih=Rp.5.500,000,00/Bulan

-Hasil lainya:Hasil jual dari alat-alat pancing dan makanan yang dijual.


3.Hambatan Usaha

Jangan takut,tidak ada usaha yang berjalan lurus lancar seperti harapan.
si setiap bisnis pasti mendapat hambatan,karena adanya hambatan juga semangat kita dalam berbisnis akan neningkat dan pikirann kita akan cepat berkembang.jangan gampang menyerah dalam menghadapi masalah bisnis,teruslah maju dan berusaha,itulah yang namanya jiwa pembisnis.
berikut halangan yang akan kita temui dalam usaha kolam pemancingan ini:


  1. Persaingan,Sekarang ini banyak yang memulai usaha pemancingan,jadi bersiap-siaplah untuk bersaing dengan yang lain,lebih sedikit persaingan akan lebih baik untuk usaha anda.
  2. Bibit yang susah dicari,tapi hal ini tidak menentu,hanya pada musim-musim tertentu saja bibit agak sulit dicari.
  3. Faktor cuaca,hal ini adalah faktor alam yang tidak bisa diubah,,saat musim hujan tiba,akan mengurangi jumlah pengunjung yang datang.

4.Strategi usaha

Semakin menambanya persaingan dalam usaha ini,kita perlu menyiapkan strategi agar usaha kita bisa lebih diminati oleh konsumen dan lebih namyak mengundang konsumen yang datang.Berikut strategi yang bisa kita konsepkan ke usaha kolam pemancingan:

  1. Sekarang sudah jaman modern,promosikan kolam pemancingan anda lewat media sosial,seperti Facebook,Instagram atau brosur agar cepat diketahui orang-orang.
  2. anda bisa menambahkan hadiah dalam pemancingan,sebagai contoh:ikan mascott,siapa yang bisa mendapatkan ikan itu akan mendapat hadiah uang tunai.
  3. Sering-sering mengadakan event/lomba untuk lebih menarik konsumen.
  4. Berilah harga yang lebih miring,karena konsumen banyak yang memburu harga pemancingan yang lebih miring dari lainya.
  5. Yang terahir,pelayanan yang memuaskan untuk pengunjung.kalaupun hal-hal diatas sudah diterapkan namun hal terahir ini diabaikan,maka akan sedikit menjadi masalah dalam perkembangan usaha

Baca juga:
Demikian informasi yang bisa saya ulaskan dalam postingan kali ini,semoga bisa membantu anda yang ingin masuk dalam usaha ini.salam sukses semua.




No comments: